Rechercher dans ce blog

Tuesday, March 31, 2020

Perhitungan Politik Janganlah Menodai Kebaikan Hati-CRI - China Radio International

Perhitungan politik yang dilakukan sejumlah orang Barat terhadap Tiongkok dengan alasan bermacam-macam tidak hanya dilakukan dalam waktu satu dua hari saja. Belakangan ini, ketika peralatan medis Tiongkok terus diangkut ke luar negeri, mereka kembali mengungkit sebuah tajuk yang menyebut “Tiongkok meningkatkan daya pengaruhnya dengan memanfaatkan bantuan penanggulangan wabah.”

Dalam konferensi pers Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada tanggal 30 Maret lalu, juru bicara Hua Chunying bertanya apakah mereka berharap agar Tiongkok hanya menonton dengan berpeluk tangan dan tidak bertindak?

Bangsa Tionghoa adalah bangsa yang tahu bersyukur. Tiongkok tidak pernah lupa pada bantuan dan dukungan dari komunitas internasional ketika menghadapi kesulitan. Ketika itu, tiada media Tiongkok yang menilai tindakan bantuan pemerintah asing dan organisasi terkait dari segi politik.

Kini, wabah Covid-19 sedang merebak di dunia. Tiongkok memberikan dukungan dan bantuan kepada komunitas internasional sesuai kemampuannya. Bantuan tulus Tiongkok ini memperoleh penghormatan dari komunitas internasional.

Akan tetapi, menghadapi interaksi bersahabat antara Tiongkok dan komunitas internasional, sejumlah politikus dan media Barat menstigmatisasi bantuan medis kemanusiaan Tiongkok, dengan sengaja menyalahtafsirkan niat baik bantuan Tiongkok, dan memprovokasi hubungan antara Tiongkok dan negara-negara terkait.

Padahal, tujuan Tiongkok membantu negara lain dalam penanganan wabah sangat sederhana, yakni berupaya menolong lebih banyak nyawa, sama sekali tiada diplomasi masker atau pertimbangan geopolitik seperti yang disebut-sebut. Kendatipun terdapat sejumlah masalah dalam proses kerja sama, adalah kejadian tunggal saja. Kedua pihak dapat mengadakan komunikasi berdasarkan prinsip bisnis dan menyelesaikannya menurut fakta. Jika diterangkan dari segi politik, hanya akan merusak kerja sama internasional penanganan wabah.

Wabah yang terjadi secara mendadak ini secara lebih mendalam membuktikan bahwa umat manusia adalah komunitas senasib sepenanggungan. Dalam menghadapi wabah, tiada negara mana pun yang dapat terlepas dari bencana ini, membantu orang lain sama dengan membantu diri sendiri. Sejumlah orang Barat diharapkan dapat mengesampingkan kesombongan dan prasangka mereka, perhitungan politik hendaknya tidak menodai kebaikan hati dan ketulusan, dan jika tidak, akhirnya yang rugi adalah dirinya sendiri.

Let's block ads! (Why?)



"politik" - Google Berita
April 01, 2020 at 10:41AM
https://ift.tt/2UUix34

Perhitungan Politik Janganlah Menodai Kebaikan Hati-CRI - China Radio International
"politik" - Google Berita
https://ift.tt/37GUyJP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Granblue Fantasy: Relink's Demo Will Make a Believer Out of You - Kotaku

depolitikblog.blogspot.com Before multiple friends of mine went out of their way to sing the praises of Granblue Fantasy: Relink to ...

Postingan Populer