Rechercher dans ce blog

Wednesday, April 29, 2020

Di Tengah Pandemi Covid-19, Penjaringan Cakada Tetap Lanjut | Politik - Gatra

Pekanbaru, Gatra.com - Pandemi virus Corona atau Covid-19 tidak menyurutkan langkah partai politik mempersiapkan diri menghadapi gelaran Pilkada serentak di Riau. Partai Keadilan Sejaterah (PKS) misalnya yang tetap menggelar penjaringan calon kepala daerah (Cakada). 

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PKS Riau, Markarius Anwar, mengungkapkan proses penjaringan saat ini berada di tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS. Proses penjaringan tersebut disiasati dengan video conference, khususnya bagi calon yang sudah mendaftar ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) ,namun belum sempat dibawa ke Jakarta untuk bertemu DPP. 

"Calon-calon tetap diproses, baik internal maupun eksternal di DPP. Sekarang polanya online, calonnya kita sambungkan melalui video conference-nya dengan DPP," sebutnya Rabu (29/4). 

Adapun sejumlah tahapan pemilu resmi ditunda lantaran pandemi Covid-19. Penundaan tahapan tersebut juga berimbas pada mundurnya tahapan pemungutan suara yang sedianya dilaksanakan pada September 2020.

Penundaan tersebut membuat kontestan pemilu bereaksi beragam. Partai Gerindra misalnya, yang memilih menghentikan sementara waktu penjaringan calon kepala daerah. Gerindra pesimis gelaran pilkada bakal digelar pada tahun ini, pasalnya wabah Covid-19 belum menunjukan adanya tren penurunan. Sikap ini bebeda dengan PKS yang tetap melanjutkan tahapan di internal partainya.

"Kita berharap penyelenggara pemilu tidak memaksakan gelaran pilkada. Karena ini juga berdampak pada teknis gelaran pemilu itu sendiri, misalkan opsi kampanye online. Kampanye semacam ini mungkin bisa di Jakarta tapi tidak di Riau karena tidak semua wilayah terjangkau jaringan internet," ungkap Sekretaris Gerindra Riau, Hardianto.

Sebelummya, Komisioner KPU Riau Nugroho Notosusanto, menyebut pihaknya siap menggelar pemilu kapan pun diminta pemerintah. Hanya saja di tengah wabah Corona ini KPU Riau meyakini partisipasi pemilih tidak akan optimal.


Reporter: Febri Kurnia
Editor: Ade Lukmono


Let's block ads! (Why?)



"politik" - Google Berita
April 29, 2020 at 03:27PM
https://ift.tt/2VLNhVD

Di Tengah Pandemi Covid-19, Penjaringan Cakada Tetap Lanjut | Politik - Gatra
"politik" - Google Berita
https://ift.tt/37GUyJP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Granblue Fantasy: Relink's Demo Will Make a Believer Out of You - Kotaku

depolitikblog.blogspot.com Before multiple friends of mine went out of their way to sing the praises of Granblue Fantasy: Relink to ...

Postingan Populer