Rechercher dans ce blog

Sunday, February 9, 2020

Pilkada 2020, Golkar Mesti Waspadai Geliat Politik di Riau | Politik - Gatra

Pekanbaru, Gatra.com - Partai Golkar bertekad menyapu bersih kemenangan di sembilan pilkada 2020 Provinsi Riau. Namun, keadaan politik saat ini sangat dinamis, sehingga akan sulit diprediksi. 

Pengamat politik Universitas Riau, Mexaxai Indra, mengungkapkan partai politik harusnya berkaca pada gelaran pilkada-pilkada terdahulu. Menurutnya, dalam beberapa gelaran pilkada di Riau terdapat kecendrungan pemilih akan menjauhi sosok yang diusung mantan penguasa.

"Ada kecendrungan pemilih tidak melirik sosok yang dinilai dekat dengan mantan penguasa," katanya kepada Gatra.com, Minggu (8/2). 

Mexaxai mencontohkan hasil pilkada Kabupaten Kuansing tahun 2015 . Dimana sosok yang dinilai dekat dengan mantan bupati dua periode Kuansing, Sukarmis (dari Partai Golkar), justru mengalami kekalahan.

"Itu fenomena yang harus dicermati. Meskipun presepsi publik Riau itu masih Golkar," ujarnya. 

Sebagai partai yang mengakar di Riau, Golkar sejatinya dihadapkan dengan bekurangnya jumlah kabupaten/kota yang berhasil dikuasai. Pada sembilan gelaran pilkada di Riau September mendatang, Golkar hanya berstatus sebagai penguasa di 4 wilayah, meliputi : Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Indragiri Hulu. Sisanya sebanyak 4 wilayah pernah dikuasai Golkar, yaitu: Kabupaten Kuansing, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak dan Kota Dumai. 

Mexaxai menuturkan, Golkar juga harus mewaspadai kecendrungan pemilih  menjauhi politik dinasti. Selain Itu, ia mengingatkan perlunya Partai Golkar mewaspadai calon kepala daerah petahana. 

"Bagaimanpun mereka itu (Bupati/Wakil Bupati) dengan jabatanya memiliki instrumen politik yang bisa dijadikan etalase untuk menyapa publik," pungkasnya. 

Sebelumnya Ketua DPD I Partai Golkar Riau, Arsyadjuliandi Rahman, mengungkapkan partainya akan berupaya  kemenangan 100 persen di gelaran pilkada 2020. Target itu mengharuskan Golkar merebut wilayah yang pernah dikuasai, sambil mempertahankan daerah yang berada dalam genggaman. 


Reporter: Febri Kurnia
Editor: Budi Arista


Let's block ads! (Why?)



"politik" - Google Berita
February 09, 2020 at 01:20PM
https://ift.tt/2S9jRiC

Pilkada 2020, Golkar Mesti Waspadai Geliat Politik di Riau | Politik - Gatra
"politik" - Google Berita
https://ift.tt/37GUyJP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Granblue Fantasy: Relink's Demo Will Make a Believer Out of You - Kotaku

depolitikblog.blogspot.com Before multiple friends of mine went out of their way to sing the praises of Granblue Fantasy: Relink to ...

Postingan Populer